oleh

Anggota DPRD Sulteng Ibrahim Hafid : Saya Berharap Upacara Adat Toniasa Tetap Lestari

Truestory – Anggota Komisi IV DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) menghadiri upacara , Selasa, (8/11/2022) malam di Sidole. Upacara ini merupakan upacara untuk anak-anak masyarakat adat Lauje Sidole.

Kegiatan itu diikuti oleh putra putri dari tujuh desa di Sidole Raya dan dihadiri tokoh-tokoh masyarakat serta warga setempat.

“Adat Toniasa merupakan upara adat untuk anak-anak yang ada di Sidole ketika menjelang akil baligh,” kata Ibrahim.

Menurut Ibrahim, kegiatan ini rutin dilaksanakan masyarakat di daerah itu setiap tahun atau sesuai kesepakatan keluarga yang bersedia melaksanakan adatnya.

Upacara adat Toniasa ini biasa dilakasnakan bergiliran di 7 Desa. Sebagai Daerah Pemilihan (Dapil) Parigi Moutong yang juga orang Lauje, dirinya mensuport kegiatan kebudayaan seperti ini.

“Saya berharap budaya ini tetap lestari dan tetap menjaga identitas diri sebagai masyarakat adat yang tetap menjaga keutuhan adat dan budayanya,”harapnya.

Selain itu, Ibrahim juga menyampaikan, rencananya tujuh desa di Sidole Raya itu akan dimekarkan menjadi kecamatan sendiri. Wilayah itu ingin memekarkan diri dari Kecamatan Ampibabo menjadi Kecamatan Sidole Raya.

“Nantinya, Kecamatan Sidole Raya terdiri dari Desa Sidole, Sidole Barat, Sidole Timur, Pangku, Tanampedagi Alo'o dan Desa Tombi,” ungkapnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Komentar Anda

Story