Truestory – Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menyetujui empat untuk dibahas pada tingkat selanjutnya. Hal itu disampaikan saat rapat Paripurna tanggapan fraksi tentang jawaban , Selasa (21/2/2023) di ruang sidang utama DPRD .

Rapat yang dipimpin oleh Wakil ketua II DPRD Palu, Erman Lakuana, menyampaika kepada seluruh fraksi untuk membacakan tanggapan setiap fraksi. Dimana empat Renperda tersebut yaitu tentang perusahaan perseroan daerah Bangun Palu Sulteng. Perusahaan umum daerah air minum. Rencana pembangunan industri tahun 2023-2025 serta ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta penyidik Pegawai Negeri Sipil.

“Pembahasan berikutnya adalah rapat Pansus mengenai empat Ranperda, dan akan terbentuk dua Pansus nantinya, sehingga setiap Pansus akan membahas dua Ranperda,” jelas Erman.

Seperti yang disampaikan oleh juru bicara Fraksi PDIP, Joppy Alvi Kekung bahwa, fraksi PDIP menyetujui empat Ranperda untuk dibahas pada tingkat selanjutnya. “Kami meminta Pansus segera terbentuk agar bisa segera melakukan pembahasan,”katanya.

Senada dengan hal itu, anggota Fraksi Golkar Ishak Cae juga menginginkan hal yang sama, dimana Pansus diminta untuk segera melakukan pembahasan terhadap empat Ranperda, karena Ranperda tersebut dipandang perlu untuk secepatnya diterbitkan, serta disetujui bersama.

“Dengan adanya empat Perda ini, tentu segara saja Pansus langsung melakukan pembahasan, yakni pada tanggal 22 Februari 2023 (besok) sudah bisa dibahas,” katanya.

Maka dari itu pimpinan rapat memutuskan, jadwal rapat Paripurna tentang pembentukan Pansus diubah dan akan dilaksanakan, pada pukul 19.00 WITA, diruang sidang utama .