oleh

Besok Festival Danau Poso Digelar

() akan digelar Kamis, (20/10/2022) di Arena , Kelurahan Pamona, Kecamatan Pamona Puselemba, Kabupaten , Sulteng. Berbagai persiapan telah dirampungkan. Mulai dari kesiapan prosesi acara hingga sarana dan prasarana pendukung.

Hal demikian disampaikan Kadis Pariwisata Provinsi Sulteng Diah Agustiningsih saat menggelar siaran pers di Dodoha Mosintuwu, Rabu, (19/10/2022).

Menurutnya, festival ini digelar selain untuk mempromosikan potensi budaya dan pariwisata daerah Sulawesi Tengah, juga sekaligus untuk membuktikan kepada masyarakat dalam dan luar negeri terkait keamanan di Kabupaten yang sudah kembali kondusif sehingga aman dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan.

Ia menjelaskan, ini merupakan agenda tahunan yang sudah dilakukan sejak tahun 1989 dan termasuk dalam agenda utama kegiatan yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso. Namun, pada tahun 2020 hingga 2021 FDP tidak digelar karena pandemi Covid 19.

Pada tahun 2022 ini FDP kembali digelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sulteng berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Poso. FDP menjadi perhatian khusus Gubernur Sulteng karena, FDP merupakan Festival tertua di Sulteng.

Selain itu, Poso memiliki destinasi wisata yang sudah diunggulkan yaitu, Danau Poso dan Air Terjun Saluopa.

“Kali ini pelaksanaan FDP diselenggarakan kolaborasi antara pemerintah provinsi dan pemerintah daerah. Ini sangat dinanti-nantikan oleh masyarakat yang ada di Poso, dan juga wisatawan dari luar daerah Poso,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia Lokal FDP, Faidul Keteng menyebutkan, FDP kali ini ditargetkan akan dihadiri sekitar 5000-7000 orang. Ia memperkirakan angka itu bisa capai.

Hal itu, kata dia, bisa dilihat dari semua fasilitas yang ada seperti homestay bahkan hotel-hotel di Kabupaten Poso sudah terisi penuh semenjak satu bulan sebelumnya.

“Dengan hadirnya begitu banyak orang hotel sangat terbatas, yang ada di sekitar hanya kurang lebih 300 kamar oleh sebab itu, kami mengupayakan agar rumah-rumah masyarakat itu bisa dijadikan homestay,” ucapnya.

Ia berharap dengan kehadiran ribuan pengunjung pada FDP nanti, bisa menambah pendapatan masyarakat setelah masa pandemi.

Kadis Pariwisata Poso, Noldi Tobondo menambahkan, Poso itu menarik untuk dikunjungi karena dikenal dengan daya tarik wisata alam dan wisata sejarah dan budaya.

“Kami beraharap melalui Festival Danau Poso ini, destinasi wisata yang ada di Kabupaten Poso ini lebih dikenal lagi dimata dunia. Sehingga semakin banyak lagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing berkunjung ke Poso,” harapnya.

Festival Danau Poso 2022 ini turut didukung oleh Bank Sulteng, Bank Indonesia, dan PT.Poso Energy.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Komentar Anda

Story