, TRUE STORY – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi () mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana alam, khususnya dan , di musim hujan.

Kepala Pelaksana BPBD , Akris Fattah Yunus, mengatakan, berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan di Sulteng akan berlangsung hingga Maret 2024. Selama periode tersebut, curah hujan diprediksi akan meningkat, sehingga meningkatkan potensi terjadinya bencana alam.

“Untuk itu, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman , puting beliung, cuaca ekstrim, dan ,” kata Akris, Rabu (24/1/2024).

Akris menyebutkan, berdasarkan data Pusdalops , pada awal Januari 2024, telah terjadi banjir di tiga kabupaten, yaitu Donggala, Morowali Utara, dan Tojo Una-una. Banjir tersebut menyebabkan ratusan rumah warga terendam dan sejumlah infrastruktur rusak.

“Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati, terutama ketika berkendara di tengah hujan deras,” kata Akris.

Masyarakat juga diminta untuk menghindari area pantai dan sungai, serta memperhatikan barang-barang berharga dan dokumen penting.

“Jika ada tanda-tanda akan berpotensi bencana, masyarakat bisa melaporkan ke RT/RW setempat, lurah, dan nantinya lurah yang akan meneruskan ke dinas terkait dan BPBD,” kata Akris.