Palu-Pengurus Provinsi Federasi Indonesia () Sulawesi Tengah menargetkan mendapatkan dua emas di ajang Pekan Nasional (PON) XXI, yang akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Utara dan tahun 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum , H. Nanang dalam kegiatan pelantikan Pengurus Provinsi Federasi Indonesia (FPTI) Sulawesi Tengah periode 2021-2025, di Palu 29/01.

Menurutnya, hal ini juga merupakan upaya mendukung keinginan Gubernur , Rusdy Mastura dalam bidang , yaitu menuju Sulteng Emas.

H.Nanang mengatakan, seluruh atlet panjat akan digenjot untuk meraih prestasi tersebut. Apalagi Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing merupakan salah satu cabor prioritas di daerah Sulteng.

“Kita target dua emas dari 10 emas target bapak Gubernur Sulteng. Walaupun sarana dan prasarana minim, kita akan genjot untuk meraih prestasi itu, ” jelasnya.

Tidak hanya itu, menurut H.Nanang, saat ini FPTI Sulteng telah mendata sejumlah atlet panjat asal Sulteng yang berprestasi berada diluar daerah dan berprestasi di luar daerah. Direncanakan atlet tersebut akan dipulangkan ke daerah Sulteng.

“Kami mendata sekitar lima atlet. Yang dipulangkan itu yang berpotensi mendapatkan emas dan memang sudah berprestasi. Datanya nanti kami serahkan ke KONI, urusan teknis kepindahan itu dari KONI,” tuturnya.

Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Tengah periode 2021-2025 resmi dilantik, Pelantikan pengurus tersebut diselenggarakan di Grand Duta Hotel Palu, Sabtu 29/01.

Pelantikan ini juga dirangkaikan dengan Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) FPTI Sulteng yang diikuti oleh sejumlah Pengurus Kabupaten/Kota FPTI di Sulteng, dengan tema FPTI Sulteng bangkit menuju Sulteng emas meraih puncak prestasi.

Pengurus Provinsi FPTI Sulteng ini dilantik langsung oleh Sekretaris Umum Pengurus Pusat (PP) FPTI, Hendricus Mutter.

Dalam sambutannya, Hendricus berharap, dengan dilantiknya pengurus baru, olahraga panjat di Sulteng bisa bersaing, bahkan mengungguli daerah lainnya.

“Kami berharap di Sulawesi tengah ini sesuai dengan cita citanya bisa berhasil dan mengungguli daerah lain.Membuat prestasi di PON di maupun persiapan PON berikutnya menjadi tuan rumah,” ungkapnya.

“Selamat bekerja dan selamat raker,” tambahnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Sekretaris Umum KONI Sulteng, Husen Alwi mengapresiasi atas dilantiknya Pengurus Provinsi FPTI Sulteng yang sekaligus dirangkaikan dengan Rakerprov FPTI.

Menurutnya, Cabor panjat tebing menjadi salah satu cabor prioritas dalam mencapai Sulteng Emas.

“Cabor FPTI prioritas sulteng emas di Aceh. Semoga pengurus baru dapat memaksimalkan baik aspek tata kelola, keuangan, prestasi dan seterusnya,” paparnya.