oleh

Gempa 6.3 SR Guncang Kota Luwuk

Truestory – Masyarakat , , sempat dikagetkan dengan dengan kekuatan 6,3 Skala Richter (SR), pada Rabu (18/01/2023).

Walaupun hanya berlangsung beberapa detik saja, gempa tersebut sempat menimbulkan kepanikan. Nyatanya saat terjadinya gempa masyarakat terlihat berlarian keluar rumah. Bahkan pengunjung mau pun perawat yang ada di Rumah Sakit Luwuk juga berlarian ke halaman rumah sakit.

dengan kekuatan berada di 71 km Barat Daya BONEBOLANGO-GORONTALO, dan gempa ini tidak berpotensi Tsunami,” terang Kepala BMKG Banggai, Ali Mustofa.

Ia mengatakan, sampai dengan saat masih berpotensi terjadi Gempa Bumi, walaupun kekuatannya tidak sekuat dengan yang terjadi di Kota Palu. Walaupun demikian Ali mengimbau kepada masyarakat yang ada di , agar selalu waspada dan berhati-hati apabila terjadi gempa.

“Jika terjadi gempa jangan panik, masyarakat diimbau untuk menyelamatkan diri dengan pergi ke tempat terbuka. Kalau pun panik dan berada di dalam rumah, cari tempat aman seperti dibawah meja atau tempat berlindung aman lainnya,” jelasnya.

Seperti yang diketahui, Kabupaten Banggai dilintasi dua sesar, yakni Sesar Batui dan Sesar Balantak. Namun menurut data dari BMKG usia zona Sesar Batui dan Balantak ini sudah sangat tua, sehingga untuk kekuatan magnitudo nya tidak akan menimbulkan bencana seperti Tsunami.

Berikan Komentar Anda

Story