- Ketua Umum Palang Merah Indonesia ( turut prihatin dan berbelasungkawa atas bencana gempa  berkekuatan Magnitudo 7,8 yang melanda wilayah di dekat Kota Gaziantep, , pada Senin (6/2) dini hari waktu setempat atau tengah hari waktu Indonesia.

 

“Turut berduka cita atas gempa yang terjadi di Turki,” ujar , saat menghadiri puncak peringatan harlah 1 abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (7/2/2023).

 

Jusuf Kalla menjanjikan akan segera mengirimkan bantuan ke Turki melalui . Ia juga meyakini pemerintah Indonesia juga akan mengirimkan bantuannya ke Turki apalagi Turki merupakan salah satu negara yang kerap membantu Indonesia ketika terkena bencana. Bahkan pada bencana Tsunami Aceh pada tahun 2004 silam bantuan Turki ke Indonesia sangat besar sekali.

 

“Indonesia akan segera membantu, apalagi Turki ini luar biasa bantuannya pada Tsunami Aceh, PMI juga akan bergerak membantu, “ungkap mantan Wakil Presiden Republik Indonesia ini.

 

Selain mengguncang wilayah Turki, gempa yang terjadi di saat sebagian warga sedang tertidur tersebut juga mengguncang Suriah.

 

Setidaknya hingga saat ini terdapat Korban 3.800 orang tewas dalam kejadian ini. Di mana Korban paling banyak terdapat di Turki tercatat 2.379 korban tewas sementara di Suriah setidaknya 1.444 orang.