Truestory – dan menjadi salah satu fokus kunjungan kerja Komisi II DPRD Sulawesi Tengah () di Kantor Bupati Tolitoli pada Kamis, (17/11/2022).

Kunjungan kali ini Ketua Komisi II Yus Mangun dan anggotanya diterima langsung oleh Bupati Tolitoli di ruang kerjanya di Kantor Bupati Tolitoli.

Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan itu, salah satunya terkait pertanian. Menurut Yus Mangun Saat ini masalah pertanian sangat penting. Peningkatan produktivitas petani harus diberi perhatian khusus agar ketahanan pangan tetap terjaga.

“Saya kira perlu ada perhatian khusus untuk alat-alat pertanian yang menjunjang produksi tanaman pangan dan hortikultura di daerah ini,” kata Yus Mangun.

Yus Mangun menguraikan, dukungan infrastruktur pertanian yang saat ini dibutuhkan petani adalah irigasi, irigasi induk, sekunder yang tidak berfungsi itu harus diperbaiki.

“Saya kira perlu dibentuk pansus berkaitan fasilitas penunjang pertanian terkait peningkatan dan produktivitas petani,” kata Yus Mangun dihadapan Bupati Tolitoli.

Sementara itu, Bupati Tolitoli juga menyampaikan dan ketahanan pangan. Menurut dia, ketahanan pangan telah menjadi prioritas utama pada rapat G20.

“Dikarenakan dampak perang bisa mengganggu pangan negara. Sesuai ketentuan perundang-undangan diberikan 2 hektar lahan yang dapat dikelola tidak bersifat dimiliki,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga Ia menyampaikan terkait Kabupaten Tolitoli merupakan daerah sumber pengelolaan SDA terutama pengembangbiakan udang.

“Kabupaten Tolitoli mendapat perhatian khusus terhadap 2 komoditi yaitu udang dan ikan bandeng,” ujarnya.