oleh

KPID dan Korps HMI-Wati Badan Koordinasi Sulawesi Tengah gelar Bimtek Literasi Digital

-Bertempat di aula BPSDM Sulawesi Tenga, pada Jumat-Sabtu 1-2 Juli 2022, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah () dan Korps HMI-Wati Badan Koordinasi menggelar Bimbingan Teknis dengan tema Cerdas Bermedia Di Era Digital.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Aswin Saudo (Sekretaris Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik dan menghadirkan pemateri yang berkompoten dalam bidang literasi, antara lain Neni Muhidin (penggiat literasi dan penulis buku), Ruslan Sangadji (Jurnalis dan Tenaga Ahli Dewan Pers), Muhammad Wahid ( Sulteng), Hasyim R (Kepala Bidang IKP Dinas KIPS Sulteng), Nuning Rodiyah (Komisioner KPI Pusat) dan Reny A. Lamadjido (Wakil Kota Palu) sekaligus secara resmi menutup kegiatan.

Kegiatan Bimtek yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta ini menggunakan sistem kelas dan pola diskusi interaktif antara pemateri dan peserta dengan menggunakan studi kasus pada dunia khususnya terkait media. Peserta terdiri atas kalangan mahasiswa, komunitas penggiat literasi, dan lembaga penyiaran.

“Pemerintah Kota Palu sangat antusias dengan kegiatan-kegiatan literasi seperti ini. Saat ini kita berhadapan dengan segala sesuatunya yang harus diselesaikan secara smart. Penyelesaian secara smart tentunya tidak lepas dari yang namanya digital,” katanya.

Lanjut kata Wakil Wali Kota Palu, Pemerintah Kota Palu sudah menerapkan digitalisasi dalam menjalankan kegiatan, dimana salahsatu keuntungannya adalah penghematan. Salahsatu contohnya adalah terkait administrasi yang dulunya menggunakan banyak kertas ketika proses administrasi, saat ini sudah menggunakan sistem pdf.

Kedepannya, Pemerintah Kota Palu akan mengajak KPID Sulawesi Tengah dan KOHATI untuk berkolaborasi menggelar kegiatan serupa yang lebih besar, yang secara spesifik akan dibicarakan teknis kegiatannya.

Secara terpisah, Komisioner KPI Pusat yang juga berkesempatan membawakan materi Sosialisasi Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa dan hadir pada acara penutupan mengatakan bahwa Program Literasi saat ini menjadi Program Unggulan KPI Pusat. “Sejak 2020, kami telah melakukan Sosialiasi ke berbagai daerah di Indonesia. Kami juga mengajak berbagai elemen untuk terlibat sebagai pelaksana kegiatan”

Indra A. Yosvidar selaku Ketua KPID Sulawesi Tengah menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini akan kembali digelar dalam waktu mendatang dan tetap akan mengajak organisasi lainnya untuk berkolaborasi dan akan mengangkat tema yang lebih spesifik sertaperuntukkannya akan langsung dirasakan atau bisa langsung diterapkan.

Berikan Komentar Anda

Story