oleh

Pererat Silaturahmi, TK Khalifah Gelar Family Gathering 

Truestory Palu menggelar family gathering di Kawasan Wisata Taipa Beach, , Sulawesi Tengah, (Sulteng), pada Sabtu, (10/12/2022). Kegiatan itu diikuti oleh ratusan siswa, orangtua murid dan juga dewan guru .

Menurut Kepala Sekolah TK Khalifah Jiati Endah Sari, acara familiy gathering ini digelar sebagai ajang mempererat tali silaturahim antara anak dan orang tua murid, orang tua murid dan juga dewan guru.

“Kegiatan family gathering ini merupakan acara rutin yang digelar TK Khalifah setiap tahun untuk memperkuat silaturahim. Karena, zaman sekarang waktu orang tua dan anak itu sudah mulai tergeser dengan adanya gadget,” ujarnya.

Perempuan yang akrab dipanggil Bunda Jiati ini juga menuturkan, familiy gathering ini diisi oleh berbagai perlombaan yang bersifat kekeluargaan dan fun.

“Ada lomba memindahkan karet gelang menggunakan sedotan, menyanyi bersama, dan lomba-lomba lainnya yang melibatkan anak (siswa) dan orangtuanya (ayah dan ibu). Alhamdulillah acaranya meriah,” ucapnya.

Melalui game-game yang kami buat diacara family gathering ini diharapkan bisa memperkuat tali silaturahim antara anak dan orang tua serta dewan guru.

Ia juga berterimakasih kepada seluruh orangtua murid yang telah berpartisipasi dan juga para guru yang telah bekerja keras menyukseskan acara familiy gathering TK Khalifah.

Selain itu, Jiati juga menjelaskan bagaimana proses belajar mengajar di TK Khalifah. Menurut dia, TK Khalifah adalah salah satu sekolah yang berbasis tauhid dan entrepreneur. Manajemen pendidikan anak berbasis moeslem entrepreneur.

Ia menguraikan, di TK Khalifah menggunakan metode pembelajaran lima sentra, yaitu pusat tauhid, pusat kecakapan hidup, pusat seni, pusat ilmu pengetahuan dan pusat olah raga.

“Jadi kami menekankan pada pengajaran menjadi pengusaha yang meneladani Nabi Muhammad SAW. Melalui kegiatan outhing pengenalan ke dunia-dunia usaha. Kemudian ada pembiasaan-pembiasaan lain, misalnya sholat duha, kemudian diajari hadits-hadits harian,” jelasnya.

Dalam satu tahun TK Khalifah telah memprogramkan tujuh kali kegiatan outhing atau field trip untuk siswa-siswi agar mereka bisa mengenal seperti apa dunia usaha.

“Untuk smester pertama ini kami sudah mengajak anak-anak berkunjung ke beberapa tempat dunia usaha. Salah satunya ke tempat usaha hewan ternak. Anak-anak bisa melihat langsung bagaimana sektor usaha hewan ternak,” terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa manajemen pendidikan anak berbasis moeslem entrepreneur di TK Khalifah berasal dari pusat Jakarta, baik kurikulumnya yang berbasis tauhid dan entrepreneur serta sarana prasarana, pengorganisasian dan pelaksanaannya dikembalikan kepada setiap daerah dan guru yang mengajarkan untuk mengembangkan.

Tetapi lanjut dia, semua pelaksanaan dalam pengawasan dari pusat Khalifah di Jakarta. Hasil penerapan manajemen pendidikan anak berbasis moeslem entrepreneur telah berhasil diterapkan kepada siswa sesuai dengan usia dan kelompoknya. Dengan tolak ukur raport, serta laporan dari wali murid yang telah mengalami perubahan pada anak ketika dirumah

 

 

 

Berikan Komentar Anda

Story