oleh

PT CPM Komitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat

PT Citra Palu Minerals (CPM) pemegang kontrak karya pertambangan emas di Kelurahan Poboya, Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) berkomitmen melaksanakan Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang pendidikan khususnya pelatihan, keterampilan dan keahlian dasar.

Superintendent Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM/CSR) PT CPM, Rahyunita Handayani mengatakan salah satu konsen tangung jawab sosial  perusahaan adalah di bidang pendidikan.

Menurut Yayu sapaan akrabnya hasil asesmen yang dilakukan oleh timnya, masih banyak warga yang tinggal di wilayah lingkar tambang  yang putus sekolah. Sehingga kesulitan ketika melamar pekerjaan baik di CPM maupun ditempat lainya.

Mereka putus Sekolah disebabkan beberapa faktor seperti kendala ekonomi, lingkungan maupun pernikahan usia anak .

“Fokus kami mensasar peningkatkan sumber daya manusia karena dari hasil asesmen kami masih banyak warga yang tinggal di lingkar tambang yang putus sekolah,” ujarnya.

Yayu juga mengatakan melihat kondisi itu pihaknya melaksanakan sejumlah program pendidikan diantaranya Program Pendidikan Kesetaraan Paket B dan C.

“Kami bekerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kanamapande untuk Program Paket B dan C,” katanya.

Yayu yang merupakan alumni Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor itu juga menjelaskan, Program Pendidikan Kesetaraan Paket B dan C yang digelar oleh perusahaan telah berjalan dua tahun terakhir.

“Di tahun 2021 program tersebut telah menamatkan 25 siswa didik yang semunya berasal dari Kelurahan Poboya. Di Tahun 2022 ini program tersebut kembali digelar di Kelurahan Lasoani yang diikuti dua puluh lima siswa  yang berasal dari Kelurahan Lasoani dan Poboya,” ujar Yayu.

Yayu menambahkan beberapa siswa yang telah lulus mengikuti program pendidikan  tersebut diantaranya telah bekerja di PT CPM maupun kontraktor PT CPM serta di tempat lainya dengan menggunakan ijazah paket tersebut.

“Selain itu kami juga telah melaksanakan Program Beasiswa, bekerja sama dengan Bakrie Amanah dan saat ini telah diterima tiga orang. Satu diantaranya berasal dari ring satu CPM,” tutupnya.

Tidak hanya itu, PT CPM juga telah mensupport kegiatan pendidikan lainya khusunya di wilayah ring satu.

Sebelumnya PT CPM mendapat penghargaan “Teknik Award Tahun 2022” Sabtu (22/10/2022) dari Fakultas Teknik Universitas Tadulako. Penghargaan tersebut diberikan karena PT CPM dinilai selalu konsern mendukung kemajuan perguruan tinggi khususnya di Fakultas Teknik Universitas Tadulako.

Sementara itu Manager Government Relation & Permit PT CPM, Amran Amier mengatakan CPM juga akan terus melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi dalam implementasi tri darma perguruan tinggi sebagai bagian dari tanggung jawab social CPM.

” CPM menyiapkan tenaga tenaga profesional dalam bidang pertambangan, teknik dan lingkungan untuk mengajar dan menyukseskan program pemerintah, seperti program kampus merdeka dan merdeka belajar,” kata Amran Amier.

Berikan Komentar Anda

Story