Truestory – Dalam rangka peningkatan Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulbagtara, Pangkalan Sarana Operasi (Pangsarops) dan rutin melaksanakan patroli gabungan bersama, guna memperketat pegawasan wilayah.

“Patroli ini dilakukan guna mempersempit ruang gerak para pelaku penyelundupan, khususnya dari jalur laut,” terang Kepala Kanwil , Asep Ridwan, Senin 21/03/2022.

Asep mengatakan, apabila ada tindak pelanggaran di bidang kepabeanan dan cukai seperti penyeludupan barang-barang ilegal, akan langsung ditindak tegas. Sesuai dengan UU No 17 Tahun 2006 Tentang Kepabeanan, dijelaskan bahwa petugas bea cukai berhak memberhentikan sarana pengangkut baik darat maupun laut yang selanjutnya untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas.

“Dengan adanya patroli gabungan antara Bea Cukai Pantoloan dan , diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara kedua instansi sehingga dapat saling bahu-membahu dalam mengamankan wilayah dari penyeludupan barang-barang ilegal,” ungkap Asep.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, pada tanggal 3 November 2021 Bea Cukai Pantoloan bersama Polda menggagalkan penyelundupan narkotika jenis dari Tawau menuju Pulau Sulawesi yang rencananya akan diedarkan di Palu.