oleh

Sekretariat DPRD Sulteng Gelar Workshop Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum 

Truestory – gelar workshop Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum () dan Forum Komunikasi Sekretaris Dewan Kabupaten/Kota se Sulteng dengan tema “Peningkatan dan Pendayagunaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi” Kegiatan itu dilaksanakan di Hotel Best Western Palu, Selasa, (20/9/2022).

Sekretaris DPRD Provinsi Sulteng, Siti Rachmi Amir Singi menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat atas kebutuhan dokumentasi dan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah, cepat dan perlu pengelolaan jaringan dokumentasi dan informasi hukum yang tertata dan terselenggara dengan baik, untuk memberikan pelayanan administrasi kepada anggota dewan dalam menjalankan fungsinya dibidang legislasi. “Maka membuat terintegrasi dengan Badan Pembinaan Nasional BPHN Kemenkum-Ham RI,” terangnya.

Selain itu, hal ini juga dimaksudkan untuk menyusun bahan dokumentasi hukum secara terpola dan teratur sehingga akan mempermudah pencarian dan penemuan kembali peraturan produk hukum DPRD.

Siti Rachmi mengungkapkan, rapat seperti ini baru dilaksanakan lagi setelah hampir tiga tahun tidak dilaksanakan karena bencana pandemi Covid-19.

“Kami melaksanakan kembali kegiagan forum komunikasi ini dengan tujuan untuk saling membagi informasi saling berkoordinasi tentang tugas-tugas kesekretariatan DPRD,” ujarnya.

Menurut Sekwan pendayagunaan JDIH ini harus berbasis teknologi informasi dan itu perlu dikembangkan. Karena, mungkin masih ada kabupaten yang belum melaksanakan secara lebih dalam pelaksanaanya.

Selain saling membagi informasi, kegiatan tersebut juga membahas terkait tindaklanjut forum komunikasi Sekretariat DPRD se- Sulteng untuk pelaksanan kegiatan tahun 2023 mendatang. Ia berharap kegiatan tersebut berjalan laancar.

Sementara itu, PLT Sekretaris Daerah Sulteng Rudi Dewanto mewakili Gubernur Sulteng Rusdy Mastura membuka acara tersebut dalam sambutannya mengatakan, kegiatan forum komunikasi tersebut adalah wahana strategis untuk menyatukan persepsi dan sinergi antar sekretaris dewan kabupaten kota, provisi se-Sulteng guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi sekretariat daerah

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membekali kompetensi keilmuan kita sekaligus menguatkan kelembagaan dan citra DPRD di masa mendatang.

Saat ini, kata dia, kita memasuki era disrupsi yang mengharuskan aparatur lebih responsif melakukan adaptasi, transformasi dan modifikasi demi peningkatan kualitas layanan publik.

“Olehnya itu, selaku pribadi dan atas nama Pemerintah Daerah Sulteng saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan Forum Komunikasi Sekretaris Dewan Kabupaten/Kota se-Sulteng,” ujarnya.

Ia berharap momen ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk mengupdate ilmu dan wawasan, serta membangun komunikasi dan kerjasama yang apik antar para sekretaris dewan se-Sulteng yang gilirannya berimplikasi dalam mendukung gerak cepat menuju Sulteng yang lebih sejahtera dan lebih maju khususnya bagi peningkatan kinerja dan reputasi institusi DPRD di mata publik.

Berikan Komentar Anda

Story