– Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi kembali menggelar setelah sempat vakum selama 3 tahun karena pandemi COVID-19 bertempat di Sriti Convention Hall di Jalan Durian, Kota , Rabu (15/02/2023) malam.

Ketua Indra Yosvidar mengatakan kegiatan Anugerah Penyiaran tersebut merupakan ke-4 yang diadakan setelah sebelumnya 3 tahun tertunda atau vakum karen Pandemi Covid-19.

“Ini moment untuk penghargaan terhadap teman-teman yang mampu memproduksi program-program terbaik,” ucapnya.

Ia menyebutkan dalam anugerah penyiaran, KPID membagi dua kategori pemenang masing-masing 5 televisi dan 6 radio.

Menurut Indra, KPID tidak sekadar mengawas atau memberikan sanksi tetapi juga memberikan penghargaa kepada lembaga yang memiliki produksi sangat bagus dan menjadi contoh untuk teman lainnya kedepan dalam penyiaran.

“Penyerahan anugerah KPID ini adalah kegiatan rutin tahunan dan Insyallah tahun depan dibuat kembali dengan konsep berbeda,” terangnya.

Dalam Anugerah Penyiaran, KPID memberikan penghargaan kepada instansi, perusahaan peduli terhadap penyiaran diantaranya adalag PT Adi Jaya Karya Makmur, PT Baoshuo Taman Industri Investmen group, PT Bumanik, PT Dongi Senoro LNG, PT Poso Energi dan PT Citra Mineral (CPM).

Selain itu KPID menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang dalam program kategori feature penyiaran radio yang diraih oleh Radio Insania Palu, program kategori feature penyiaran televisi diraih oleh Kompas Tv.

Program kategori talkshow radio diraih Blasmaone Luwuk, program kategori talkshow televisi diraih TVRI .

Iklan layanan masyarakat kategori penyiaran radio diraih oleh MS Radio, iklan layanan masyarakat kategori penyiaran televisi diraih oleh Trans Tv.

Berita jurnalistik kategori Penyiaran radio di raih oleh RRI, berita jurnalistik kategori penyiaran televisi diraih oleh Kompas Tv

Program penyiar pria kategori penyiaran radio diraih oleh RRI Palu, program penyiar wanita kategori penyiaran radio diraih Radio Nebula dan program penyiar wanita kategori penyiaran televisi diraih oleh TVRI .

KPID Provinsi juga memberikan penghargaan tokoh penyiaran Sulteng kepada H Ayuba Yusuf Lasira atau Om Kota (almarhum).

Penghargaan piagam itu diserahkan langsung oleh Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira kepada anak dari almarhum, Dewi Nurjanah.

Selain penghargaan dari , Nilam Sari Lawira secara pribadi juga menyerahkan bantuan uang serta menawarkan beasiswa kepada anak atau cucu dari keluarga almarhum bila ada yang ingin melanjutkan pendidikan.