Truestory- Pengurus Provinsi Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Sulawesi Tengah untuk pertama kalinya bakal mengirim atlet terbaik untuk mengikuti kejuaraan nasional () basket di Yogyakarta 27-29 2023 mendatang.

Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Mohammad Nabawi mengatakan, sembilan tahun Sulteng vakum dikancah kejuaraan nasional basket.

“Terakhir, Sulteng ikut kategori 5×5 di tahun 2014, setelah sembilan tahun vakum, Sulteng kembali bakal unjuk gigi diajang kejuaraan nasional,” jelasnya di Palu, Rabu (25/01/2023).

Kata Nabawi, atlet akan memgikuti Kejurnas basket kategori 3×3 Kelompok umur 23 tahun.

“Sebenarnya pengen sekali ikut dikategori 5×5, hanya ada hal teknis yang bikin Sulteng batal ikut Kejurnas KU15, semoga tahun depan kita bisa ikut Kejurnas 5X5 lagi,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bakal ada empat orang atlet yang bakal tampil dan mereka adalah Vincentius Bernanrdo, Ulil Amri, Muhtar, dan Ikbal Hafidz Idris.

Beberapa nama-nama tersebut merupakan jebolan peraih medali emas di Porprov Banggai 2022.

“Adapun untuk kepala pelatih dipercayakan kepada Mohammad Akbar,” tuturnya.

“Untuk saat ini anak-anak latihan belum terpusat karena terpisah, jadi mereka dibuatkan program latihan mandiri masing-masing. Dua atlet ada latihan setiap hari di Palu atas nama Vincentius Bernanrdo dengan Ulil Amri, sedangkan dua lain latihan mandiri karena ada dinas di luar Palu,” tambah Nabawi.

Sesuai jadwal resmi PB Perbasi, Sulteng berada di grup A penyisihan bersama dengan Provinsi Bangka Belitung, Bali, dan Lampung.

Di partai perdana, Sulteng akan menghadapi Lampung sesuai jadwal yang akan digelar 27 Januari 2023 dan para atlet rencananya akan berangkat pada Kamis (26/01/2023).

“Anak-anak tetap berlatih sesuai program yang telah dibuat, dan akan berkumpul secepatnya sampai hari keberangkatan,” tutup Nabawi.