oleh

Umat Hindu di Palu Gelar Upacara Melasti Secara Sederhana dan Terbatas

Truestory – Menyambut 1944 Saka, Umat di (Sulteng) khususnya di mulai melaksanakan rangkaian upacara yakni Melasti.

Upacara dilakukan secara sederhana dan terbatas di Pura Agung Wana Kertha Jagat Natha Jalan Bukit Jabal Nur, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, , Selasa 01/03/2022.

Ketua Parisada Dharma Indonesia (PHDI) Kota Palu, I Nyoman Dwinda mengatakan ibadah melasti tahun ini sama dengan tahun sebelumnya karena mengingat masih dalam situasi pandemi COVID-19, sehingga penerapan protokol kesehatan tetap diutamakan dalam pelaksanaan upacara Melasti.

“Upacara Melasti sebenarnya dilakukan di pantai. Namun dalam situasi pandemi kita harus tetap mematuhi peraturan dari pemerintah. Seperti yang diliat sekarang, upacara melasti dilakukan di pura dengan umat yang hadir kita batasi sehingga hanya beberapa perwakilan umat dan tokoh atau pemangku agama hindu saja mengikuti ibadah melasti ini,” katanya.

Meski demikian, hal tersebut kata I Nyoman Dwinda tidak mengurangi makna dari rangkaian perayaan setahun sekali tersebut.

Diketahui Melasti merupakan upacara pengambilan tirta suci di tengah samudera atau sumber mata air. Upacara itu dimaknai sebagai pembersihan alam semesta termasuk bumi pertiwi dan seisinya.

Dalam upacara tersebut, turut dibersihkan sarana prasarana dan peralatan upacara yang akan digunakan pada persembahyangan Nyepi saat acara Tawur Agung yang akan digelar pada 2 Maret 2022.

Berikan Komentar Anda

Story