Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Palu menggelar Wisuda Sarjana ke-76 dan Pascasarjana ke-8. Prosesi wisuda sebanyak 427 orang peserta terdiri dari program pascasarjana sebanyak 38 orang dan 389 orang program sarjana dilaksanakan di Aula Gedung Idlamic Center , Sabtu, (6/8/2022).

Prosesi wisuda tersebut merupakan rangkaian dari rapat senat terbuka luar biasa yang dihadiri oleh Prof. Drs. Hamdan Juhanis selaku Koordinator Kopertais Wilayah VIII (Sulawesi, Maluku dan Papua), Munawir Sadzali Razak, SIP,, Ma mewakili LLDIKTI wilayah XVI (Go Sulutteng) dan Prof. H. Lincoln Arsyad selaku Pimpinan Majelis Dikti dan Pengembangan PP Muhammadiyah.

Rektor Unismuh Palu, Prof. Dr. H. Rajindra,  mengungkapkan, sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh persyarikatan Muhammadiyah, maka posisi Unismuh Palu, sangat strategis dalam upaya mendukung visi Indonesia maju, dan Muhammadiyah yang berkemajuan dalam bentuk penyiapan sumberdaya manusia, dengan kualifikasi unggul yang mengedepankan nilai-nilai Islami.

“Melalui visi tersebut, Unismuh Palu akan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan di Sulawesi Tengah, khususnya dalam mewujudkan Sulawesi Tengah sebagai provinsi yang maju di kawasan Timur Indonesia melalui peningkatan kualitas SDM yang memiliki daya saing dan berbudaya,” kata Rajindra.

Kata dia, Unismuh Palu saat ini, memiliki posisi strategis terutama untuk memajukan pendidikan, pelayanan kesehatan melalui Klnik Utama SFS PKU Muhammadiyah Unismuh Palu yang dalam waktu dekat akan berubah menjadi RS PKU Muhammadiyah Unismuh Palu dan peningkatan SDM di Sulawesi Tengah khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Rektor berharap wisuda kali ini dapat melahirkan output, berupa lulusan yang berkompeten dibidangnya masing masing, yang secara legal formal dapat dipertanggung jawabkan.

“Kami selaku perwakilan segenap sifitas akademika Unismuh Palu, merasa sangat bersukur dengan adanya gelaran wisuda Sarjana ke 52 dan ke 8 Paca sarjana kali ini, karena telah dilihat adanya keberlangsungan yang dinamis dan pembelajaran yang kontinue dan konsisten,” ujarnya.

Pembelajaran dalam Kampus Merdeka, lanjut dia memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Dia menambahkan, untuk mewujudkan kontribusi yang diharapkan tersebut, Universitas Muhammadiyah Palu senantiasa berkominten dan istiqomah, dalam mengemban visi menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat, yang berwawasan islam di tahun 2025 yang akan datang.

Dari 427 orang peserta wisuda hari ini, terdapat wisudawan/ti yang berprestasi, yaitu ; pada program Pascasarjana yakni Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam wisudawan yang berprestasi diraih oleh saudara Mukhtar, M.Pd.I. Nomor Induk Mahasiswa 2010901006, IPK 3.96 dan masa studi selama 1 Tahun 9 bulan.

Untuk Program Sarjana: Wisudawan Terbaik Pertama adalah Junaeni, S.H. Nomor Induk Mahasiswa 1810341037, IPK 3,92 dan masa studi selama 3 Tahun 8 bulan, Wisudawan Terbaik Kedua adalah Hartini Manasai, SKM., Nomor Induk Mahasiswa 1811071004, IPK 3,92 dan masa studi 3 tahun 10 bulan serta Wisudawan Terbaik Ketiga adalah Amsal, SKM., Nomor Induk Mahasiswa 1811071045, IPK 3,92 dan masa studi 3 tahun 10 bulan.

“Sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang di raih oleh wisudawan dan wisudawati, maka kami dari pihak kampus Unismuh Palu memberikan penghargaan berupa Rewards kepada yang bersangkutan dengan harapan dapat menjadi teladan bagi mahasiswa yang sedang menjalani studinya dan bisa menjadi spirit untuk tetap berprestasi,” jelas Rajindra.

Diakhir pesan Almamater, rektor menitipkan pesan kepada peserta wisudawan dan wisudawati agar selalu mengingat bahwa keberhasilan yang telah diraih adalah atas izin dan ridho Allah Subhanahu Wa Ta'ala, dukungan serta doa orang tua dan keluarga yang tak bisa diukur dengan materil, ada keringat dan air mata yang mengiringi.

“Untuk para alumni Universitas Muhammadiyah Palu, yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, kami pengurus dan sipitas kampus membuka pendaftaran gratis untuk mengikuti program Magister,” Tutupnya Rektor.

Di tempat yang sama, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili PJ Sekertaris Daerah Sulteng, Dr. Rudi Dewanto dalam sambutannya mengatakan, selaku pemerintah menghimbau kepada pengelola Unismuh Palu, agar terus berinovasi dan berupaya dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, riset dan juga pengabdian terhadap masyarakat. Sejalan dengan tri darma perguruan tinggi di tengah tantangan revolusi industri 4.0.

“Untuk melakukan lompatan lompatan keilmuan yang lebih jauh, agar dapat menyesuaikan diri dengan revolusi teknologi canggih di masa depan, dengan memanfaatkan internet of things, big data, dan artificial intelligence , perlahan tapi pasti mulai mengikis ketergantungan tenaga kerja manusia, atau man power secara signifikan,” jelasnya.

Pemerintah daerah berharap lulusan unismuh Palu, ke 52 ini, tetap memiliki rasa lapar dan haus terhadap ilmu pengetahuan, sehingga lebih termotivasi, untuk terus menambah dan mengaptudate ilmu ilmu yang bermanfaat, serta jangan hanya menggantungkan cita cita, menjadi Pegawai Negeri namun harus tetap berjuang dan berkreasi untuk membuka lapangan kerja baru, sesuai kompetensi dan potensi kalian semua.***