Truestory – Di Industri Kopi terdapat istilah kopi specialty. Kopi itu merujuk pada kopi yang memiliki grade tertinggi saat melalui proses green grading, yakni Grade 1 dengan nilai cupping di atas 80.

Kopi tersebut memiliki kecacatan yang sangat minimum. Atau tidak ada cacat primer. Meski demikian, penilaian secara spesifik dan karakter rasa dari setiap kopi beragam tergantung pada jenis roast dan daerah asal.

Direktorat Jenderal , menyebutkan, ada 9 jenis kopi di Indonesia yang memiliki grade tertinggi atau Kopi Specailty.

1. Kopi Gayo- Aceh

Kopi Gayo asal Provinsi Aceh ini memiliki tekstur yang encer, tidak terlalu pekat dan tingkat keasamannya seimbang. Salah satu jenis kopi terbaik ini punya proses cukup panjang sampai menjadi buah.

2. Kopi Flores Bajawa

Ciri khas dari cita rasa Kopi Flores adalah rasanya yang nutty atau kacang-kacangan serta caramel dengan tekstur yang kental dengan sensasi sedikit asam.

3. Kopi Kintamani-Bali

Kopi Kintamani Provinsi Bali ini, memiliki ciri khas rasa agak pahit dan rasa jeruk karena terdapat dominasi asam citrus segar dan aroma di dalamnya. Rasa tersebut dihasilkan dari petani kopi di Kintamani yang menanamnya dekat dengan kebun jeruk.

4. Kopi Temanggung

Kopi Temanggung terkenal dengan aromanya yang unik, seperti tembakau ketika meminumnya. Sama seperti dengan kopi Kintamani yang ditanama berdekatan dengan kebun jeruk, Kopi Temanggung ditanam berdekatan dengan Tembakau.

5. Kopi Toraja

Kopi asal Sulawesi Selatan ini namanya sudah terkenal hingga Jepang dan Amerika. Kopi Toraja salah satu jenis kopu terbaik Indonesia yang memiliki cita rasa Kayu Manis atau Kapulaga.

6. Kopi Rangsang Meranti -Riau

Kopo Rangsang Meranti Provinsi Riau termasuk dalam kopi Liberika. Kopi ini dinyatakan sebagai salah satu hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI.

7. Kopi Wamena Papua

Kopi Wamena asal Papua memiliki rasa unik. Seperti aroma cokelat dan floral yang terpadu dalam rasa asam sedang. Jenis kopi Arabika ini ditanam di Lembah Baliem, salah satu pegunungan Jaya Wijaya dengan ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut (Mdpl).

8. Kopi Java Ijen Raung

Kopi ini berasal dari Bondowoso dan pertama kali di ekspor pada tahun 2011, serta kian meroket di pasar luar negeri. Kopi asli Indonesia ini mempunyai curi khas rasa agak sedikit pedas dengan aroma bunga hutan.

9. Kopi Luwak

Salah satu kopi legendari ini ditemuka pada tahu 1700-an. Kopi Luwak termasuk jenis kopi yang terbaik di Indonesia dan populer hingga dunia. Kopi Luwak beraroma seperti pandan yang dapat tercium hingga beberapa meter.

Sumber : Direktorat Jenderal