PALU, TRUE STORY – Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dan industri kecil menengah () di Kota Palu mendapatkan pelatihan perbankan dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tengah, Rabu (21/2/2024) kegiatan ini dilaksanakan di gedung Workshop dengan mengusung tema “ Goes to Bankabel”

Menurut Direktur Bisnis , Myrna Rianasari bahwa dengan diselenggrakanya kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab untuk mencerdaskan para pelaku usaha dan membantu mereka mencapai status “”.

Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan nilai UKM dan IKM yang sebelumnya tidak memiliki literasi mengenai laporan keuangan, marketing, dan perpajakan.

“Makanya kami membuat kegiatan ini, agar para pelaku usaha mendapatkan pengetahuan dan pemahaman terkait dengan pencatatan pendapatan usaha dan pajaknya,”katanya.

BPD Sulteng menggandeng Sky Elite Indonesia dan disupport oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan, untuk menyelenggarakan pelatihan ini dalam dua kelompok.

“Harapan kami perekonomian daerah dapat tumbuh dengan hadirnya , dan bisa membantu pembiayaan untuk di Sulteng. Dan ternyata kegiatan ini banyak diminati oleh para pelaku UMKM, ini bisa menjadi semangat bersama untuk membangun daerah ini,”ujarnya.  

Pelatihan yang diselenggarakan sejak tanggal 19 Februari hingga 22 Februari 2024 di Gedung Balai Diklat BPD Sulteng ini juga memberikan materi tambahan mengenai kemampuan umum seperti pelayanan, penjualan, dan public speaking.

Diharapkan ke depannya kegiatan ini mampu meningkatkan nilai UMKM dan engagement antara BPD Sulteng dan pelaku usaha.

“Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku UKM dan IKM di Palu agar mereka dapat lebih mudah dalam mengelola keuangan, memasarkan produknya secara , dan memenuhi kewajiban pajaknya,” kata Myrna Rianasari.

Salah satu peserta pelatihan, Wiwin , mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada BPD Sulteng atas penyelenggaraan pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami para pelaku UKM dan IKM. Kami mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat kami terapkan dalam usaha kami,” katanya.

“Kami berharap BPD Sulteng dapat terus menyelenggarakan pelatihan seperti ini agar lebih banyak pelaku UKM dan IKM di Sulteng yang dapat merasakan manfaatnya,” pungkasnya.