oleh

Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Jelaskan Kondisi Pertanian kepada Mahasiswa Unisa

Truestory – Ketua DPRD Provinsi , Alimuddin Paada memberikan pemahaman tentang kondisi dan potensi di kepada mahasiswa pada kegiatan kuliah tamu di Fakultas , Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu, Selasa (17/01/2023).

Kuliah tamu yang dihadiri para dosen dan 200 lebih mahasiswa tersebut, politisi dari Partai Gerindra itu menyampiakan bahwa sumber pertanian yang ada di Sulawesi Tengah memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan.

Menurut Alimuddin, untuk mengelolahnya dibutuhkan tenaga-tenaga penyuluh yang memilki sumber daya manusia (SDM) yang cukup mumpuni untuk memberikan pengetahuan kepada para petani dalam mengelolah lahan pertanian.

“Kedepan daerah Sulteng dapat menjadi salah satu daerah penghasil swasembada pangan bagi bangsa dan negara ini,” tuturnya.

Lanjut Alimuddin, pertanian harus memiliki konsep berkelanjutan dengan memanfaatkan teknologi modern untuk mengefektifitas dan mengefisiensi energi dalam pengolahan lahan pertanian sehingga mampu mencapai produksi yang optimal secara berkelanjutan.

Selain itu, Alimuddin juga menyampaikan bahwa saat ini sektor pertanian di Sulteng memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat ketahanan pangan di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan.

“Sulteng sebagai salah satu daerah strategis pangan sehingga perlu didorong pengembangan kapasitas lembaga ekonomi pertanian berbasis kawasan pertanian modern untuk menarik minat para petani milenial serta mendukung program inovasi kementerian pertanian melalui food state,” terangnya.

Berikan Komentar Anda

Story