– Pemerintah gelar acara Bimbingan Teknis Panitia Pemilihan Kepala Desa () Serentak Tahun 2022, melalui Dinas (DPMD) yang dilangsungkan di Ball Roam Sultan Radja Hotel, Senin sore 27/09/2022.

Acara dibuka langsung oleh Bupati Donggala Kasman Lassa, Kadis PMD Muzakir Ladoali, sekertaris DPMD Donggala Fauzia, Kepala bidang PAPKD Moh Ikbal Paliua, Kabid Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Ihlal Langudja.

Kegiatan ini diikuti 158 peserta dari 79 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak se Kabupaten Donggala.

Dalam sambutanya, Kasman menyampaikan
bahwa pelaksanaan serentak 2022, merupakan praktek demokrasi di daerah pedesaan yang merupakan aspek legitimasi kekuasaan dan aspek penentuan kekuasaan hingga dibutuhkan partisipatif aktif dari masyarakat untuk menentukan pimpinan desa 6 tahun kedepan.

“pembentukan panitia pilkades serentak 2022 dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM bagi Panitia Pilkades, serta untuk memberikan pemahaman yang sama terkait pelaksanaan pilkades dari persiapan sampai dengan penetapan,sesuai demgan ketentuan peraturan perundang – undangan,” katanya.

Ia juga mengatakan, bimtek ini sangat penting dilakukan bagi panitia Pilkdes untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang mekanisme pelaksanaan Pilkades agar dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

“Bimtek para peserta terutama panitia diharapkan dapat memahami dan mengetahuinya. Karena, dalam hal ini pemerintah kecamatan ingin tertib adminitrasi khususnya dalam berbagai persyaratan,” tambahkannya.

Lebih jauh kata Kasman kepada panitia pemilihan yang akan mengikuti bimbingan teknis, untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa serantak agar dapat menciptakan suasana yang nyaman dan aman.

Dan juga dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, dengan selalu menjaga keharmonisan dan sinergitas dengan panitia pemilihan kepala desa di Kabupaten Donggala.

“Selamat menjalankan tugas. Dan dengan dukungan masyarakat dapat menjadikan pemilihan kepela desa serentak ini bersih, harmonis, jujur dan adil, sehingga menjadi pondasi bagi keberhasilan pembangunan kabupaten Donggala,” pesannya.