PALU, TRUE STORY – Tim Patroli Perintis Presisi Direktorat Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) berhasil mengamankan sepuluh orang anak muda di bawah umur dan satu paket tembakau gorilla pada Minggu dini hari, 25 Februari 2024.

Patroli yang dipimpin oleh Ipda Satya Rian Pratama Kusuma, ini bergerak menuju lokasi di bawah Jembatan 1 Palu, tepatnya di tanggul Jalan Dr. Wahidin, setelah menerima laporan dari masyarakat tentang adanya kumpulan anak muda atau yang berkumpul di lokasi tersebut.

Kronologi Kejadian

Sekitar pukul 01.30 Wita, tim patroli menerima laporan dari masyarakat tentang adanya kumpulan anak muda yang meresahkan di bawah Jembatan 1 Palu. Tim patroli kemudian bergerak menuju lokasi untuk melakukan pengecekan.

Setibanya di lokasi, tim patroli menemukan sepuluh orang anak muda yang sedang berkumpul. Petugas kemudian melakukan pemeriksaan dan menemukan satu paket tembakau gorilla di salah satu dari mereka.

Kesepuluh orang anak muda beserta barang bukti berupa satu paket tembakau gorilla langsung dibawa ke Polresta Palu untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Penanganan hukum akan diberlakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk pelanggaran yang teridentifikasi.

Peran Masyarakat dan Strategi Kepolisian

Kabid Humas , Kombes Pol Djoko Wienartono, mengatakan bahwa peran masyarakat sangat penting dalam membantu tugas kepolisian untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman.

“Warga yang peka terhadap situasi sekitar sangat membantu tugas kepolisian. Dengan adanya informasi yang diberikan, kita dapat mengambil tindakan preventif untuk menjaga keamanan serta ketertiban bersama,” ujar Kabid Humas.

Ia juga mengatakan bahwa patroli Perintis Presisi menjadi salah satu strategi kepolisian dalam menjaga keamanan masyarakat.

“Kepolisian terus melakukan langkah-langkah antisipatif untuk mencegah potensi tindak kriminal dan melindungi keamanan masyarakat secara menyeluruh,” pungkasnya.