PALU, TRUE STORY – Ketua DPC Partai Andi B Lamakarate menyebutkan berdasarkan hasil tabulasi internal perolehan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 Partai dipastikan memperoleh lima kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () .

“Perolehan suara internal merupakan hasil tabulasi data inputan C1 plano beserta C1 salinan didapatkan hasil 100 persen dan Partai Gerindra Kota Palu berhasil meraih lima kursi,” sebut Andi di Palu, Senin (26/2/2024).

Dia menjelaskan perhitungan di tingkat kecamatan masih berlangsung dan hasil hitungan tim internal Partai Gerindra meraih suara sebanyak 24.632 suara di empat daerah pemilihan di Kota Palu.

“Kami yakin mendapat kursi ketua Sulteng tetapi untuk nama-nama Caleg yang berhasil memperoleh suara terbanyak belum bisa dipublikasikan,” tuturnya.

Sementra itu dia mengatakan Dapil 1 Palu Timur – Mantikulore meraih 9.288 suara atau mendapatkan kursi pertama, kemudian Dapil 2 Palu Utara -Tawaeli sebanyak 3.669 suara atau mendapatkan kursi ke-2.

Lanjut Andi, untuk Dapil 3 Palu Selatan – Tatanga meraih 7.053 suara atau mendapatkan kursi kursi ke-2 dan Dapil 4 Palu Barat – Ulujadi berhasil meraih 4.622 suara atau mendapat kursi ke-3.

“Total perolehan suara Partai Gerindra Kota Palu di Pileg 2024 kami unggul dan mendapatkan suara terbanyak, tetapi kami tetap menunggu dan menghormati perhitungan suara di kecamatan dan nantinya di tingkat KPU,” kata Andi.

Menurut dia, klaim perolehan suara Gerindra di Pileg Kota Palu menghitung perolehan suara internal Partai Gerindra dan menghitung perolehan semua suara partai yang ada.

“Sehingga bisa membandingkan suara partai Gerindra dan partai lainnya, dengan dasar itu kami bisa mengetahui perolehan suara kami Gerindra di Pileg Kota Palu,” jelasnya.