Laporan : M.Bar

Sang surya menyeruak membelah kalbu. Desiran ombak sambut pagi di , Renjana. Selamat pagi . Bening laut dan hamparan padang lamun memanjakan mata, saat Glamping dibuka.

(Glamping merupakan inovasi baru di bidang akomodasi dan pariwisata. Glamping memberikan pengalaman menginap di tenda dengan fasilitas yang tidak kalah mewah dari hotel bintang lima).

“Ayoo mandi,” teriak Arif salah satu jurnalis.
Tanpa berpikir panjang, sebagian jurnalis yang terbangun dari malam panjangnya, menyebur, menyatu bersama hamparan padang lamun dan ikan ikan kecil berwarna warni.

Pyuuuuurrr., “Astaga dangkal disini,” ujar Odi yang melompat dari Dermaga Reconnect, tanpa menyadari airnya dangkal. “Kesana sedikit, disana agak dalam,”sambung Pipin.

‘'Co foto saya disini. Tunggu pake gaya ba Yoga,” kata Ifa, satu satunya jurnalis
perempuan yang ikut “Journey Happy”

Kemudian, berbagai gaya renang mereka pamerkn ke depan kamera pesawat tanpa awak (Drone) yang diterbangkan pagi itu. Sekitar hampir satu jam bermain main dengan air laut, seorang petugas datang menghampiri. “Pak, permisi, sarapannya sudah siap,” ucapnya.

Sambil menyicip nasi kuning yang jadi sarapan pagi itu, Reconnect Island masih jadi perbincangan utama.

Siang digunakan sebagian jurnalis beristirahat, ada yang digazebo, ayunan, dermaga dan di dalam Glamping. Sementara sebagian lagi pergi menyebrang ke Kota Ampana membeli kebutuhan minuman dan cemilan. (Oh ia, ada juga urusan negara yang harus dituntaskan).

Sambil tunggu sunset, kita cerita sedikit tentang Reconnect Island.

Tenarnya wisata yang ada di areal ini nanti pada tahun 2022. Memang, pada umumnya jika menyebut Kabupaten Tojo Unauna, orang akan lebih mengenal Taman Nasional Kepulauan Togean (TNKT) sebagai ikon wisata daerah itu. Tapi, keindahan pulau Bukabuka, juga tidak kalah menarik dengan pulau lain yang ada di Kepulauan Togean.

Secara administrasi pulai ini ada di Desa Tete B, Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Una-una.

Reconnect Island sendiri telah dilengkapi resort yang di kelola oleh pihak swasta dengan konsep natural. Pulau ini mempunyai luas 160 hektare.

Di Reconnect Island, banyak spot menarik untuk ber swafoto, seperti Dermaga yang memanjang ke Laut, Glamping, Gazebo, Ayunan, hingga tempat bersantai diatas laut juga disediakan.

Ketersediaan air bersih dan listrik di pulau itu juga terbilang ramah . Listrik memakai tenaga surya, dan air bersihnya memakai cara penyulingan.

Thomas, warga negara Prancis bersama istrinya, Elvidellci warga negara Indonesia memang menjadi pengelola resort seluas 1,5 hektare dari total 160 hektare luas pulau itu.
3 tahun mengembangkan konsep ecotourism yang ramah , agar keindahan alam bisa memberi manfaat bagi daerah dan warga.

Strategi promosinya adalah dengan menggunakan sosial, termasuk untuk pemesanan kamar dan jadwal kunjungan.

 

Bersambung…